Memperoleh Student ID UOW (Masters by Coursework)

 

Rasanya belum bisa dibilang mahasiswa kalau belum pegang kartu mahasiswa. Begitu juga yang saya rasakan sewaktu memulai perkuliahan di University of Wollonggong (UOW). Saya datang ke Wollongong 5 hari sebelum jadwal orientasi. Berhubung ada kabar angin yang mengatakan kalau student id bisa diperoleh langsung di Student Center. Saya langsung ba-bi-bu kesana berharap nanti bisa akses fasilitas kampus dengan student id. Walhasil ternyata bagi mahasiswa masters by coursework, student id diambil pada hari orientasi. Student id bisa diambil di Student Center tersebut terkhusus bagi mahasiswa Phd atau bagi yang student id nya bermasalah atau hilang

IMG_20160902_130831

Jadi bagaimana caranya mendapatkan student id bagi mahasiswa masters by coursework? Nah, ditulisan ini saya akan berbagi pengalaman teruntuk mahasiswa masters by coursework dari Indonesia yang akan menambah pasukan PPIA UOW nantinya 😀

  1. Baca baik- baik kapan jadwal orientasi di email yang dikirim pihak kampus karena jadwal orientasi tiap fakultas berbeda waktu dan gedungnya. Biasanya jadwal orientasi ditulis di Letter of Offer dan nantinya seminggu sebelum hari H, pihak kampus akan mengirimkan email pengingat jadwal orientasi beserta gedung orientasi
  2. Datang ke kampus pada hari H dengan membawa letter of offer atau CoE (tidak harus diprint biar go green, asal soft file bisa diakses lewat handphone atau ipad atau tablet atau sejenisnya). Perlu bawa passport atau visa? Sebenarnya tidak wajib, tapi pada minggu pertama saya selalu bawa passport kemana- mana buat jaga- jaga dan visa juga dalam bentuk elektronik jadi bisa diakses dimana saja.
  3. Cari gedung tempat orientasi (pakai aplikasi lost on campus), kalau ragu jangan malu bertanya
  4. Ikuti orientasi dengan senyuman (senyum itu sedekah). Biasanya pada orientasi dijelaskan mengenai fasilitas kampus, pengalaman mahasiswa, dan ada bagi- bagi merchandise kampus (ini yang paling penting).
  5. Setelah orientasi biasanya mahasiswa akan diarahkan ke library untuk pembuatan id card dan melakukan enrollment secara online.
  6. Untuk pembuatan student id biasanya kita akan ditanya student number yang bisa dilihat di letter of offer
  7. Pada saat pengambilan photo untuk student id jangan lupa pasang wajah paling cantik/ganteng dan senyuman paling cerah karena photo ini nantinya akan terpampang di student id.
  8. Sambil menunggu student id selesai, kita diarahkan melakukan enrollment secara online. Disini kita akan memilih subjects yang ingin kita ambil pada semester pertama serta mengisi data diri.
  9. Setelah selesai melakukan enrollment, kita bisa mengambil student id, hanya saja student id baru berfungsi setelah 24 jam. Jadi harus menunggu satu hari untuk bisa menggunakan kartu dewa tersebut.

Apa saja yang bisa saya lakukan dengan student id?

Di UOW, student id ini juga merupakan library card. Jadi kalau mau meminjam buku ya menggunakan student id. Selain itu, di kampus juga tersedia fasilitas copy/print/scan (tapi bayar) yang bisa digunakan dengan menggunakan student id.

Student id wajib dibawa saat ujian.

Student id juga diperlukan jika ingin membuat kartu perpustakaan daerah atau bila ingin mendapatkan diskon pelajar di toko- toko tertentu.

Kalau student id rusak/ tidak berfungsi/ hilang bagaimana?

Kalau seandainya student id tidak berfungsi (seperti yang saya alami), mahasiswa bisa mendatangi student center dan nantinya kartu akan diganti langsung dengan yang baru. Tapi tetap harus menunggu 24 jam jika ingin digunakan.

Demikianlah tulisan ini, semoga bermanfaat.

Indonesia Jaya!

 

Stephanie Dwi Guna- LPDP PK 39

School of Nursing- University of Wollongong

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.