Tips Mencari Akomodasi Pribadi di Australia

Akomodasi merupakan sarana penunjang yang cukup penting dalam rangka mensukseskan kegiatan akademisi penerima beasiswa. Jarak dari kampus, harga, tingkat keamanan dan kenyamanan dapat menjadi bahan pertimbangan seorang penerima beasiswa dalam mencari akomodasi. Tak heran, banyak penerima beasiswa yang lebih memilih akomodasi yang disediakan oleh kampus, namun tidak sedikit juga yang memilih untuk mencari akomodasi pribadi diluar kampus yang harganya, biasanya, lebih murah dibandingkan dengan akomodasi kampus.

Berikut akan saya bagikan tips mencari akomodasi pribadi bagi teman teman yang akan dan sedang hunting.

Akomodasi pribadi biasa disewakan langsung oleh pemilik (landlord ) atau melalui agen. Pada praktiknya, komunikasi dan proses administrasi akan lebih mudah jika langsung berkomunikasi dengan landlord. Hanya saja, akomodasi seperti ini hanya terbatas bagi mereka yang sudah memiliki ‘jaringan’ atau kenalan dilokasi. Hal yang sangat umum adalah, teman yang akan pulang ke Indonesia, merekomendasikan kembali akomodasi mereka ke teman yang akan datang. Proses inspeksi pun dapat diwakilkan melalui foto. Jika setuju, dapat langsung berkomunikasi dengan landlord. Jika memilih melalui agen, proses ini akan sedikit lebih panjang, namun memberikan lebih banyak opsi akomodasi.

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mencari informasi tentang akomodasi. Informasi ini dapat dilihat melalui website agen (Ray White, Elder, MMJ, Cooper&Copper, etc). Kita juga dapat memilih type akomodasi yang kita inginkan (satu kamar atau 2 kamar) dan harga yang kita inginkan (200 atau 300 dollar per week) dan pilihan lainnya (dengan carspace atau tidak).

Setelah menimbang dan memilih serta memutuskan, anda dapat melihat jadwal inspeksi. Hal ini biasa diumumkan berdekatan dengan hari inspeksinya. Jika tidak disebutkan, anda bisa langsung menanyakan jadwal inspeksi terdekat langsung ke agen (via telp atau email). Untuk ini, tidak perlu ada booking tempat untuk inspeksi. Datanglah sesuai jadwal. Jangan telat, karena inspeksi biasanya hanya 10-15 menit saja. Jika anda tertarik, bisa langsung meminta formulir aplikasi sewa rumah.

Akan ada banyak pertanyaan di aplikasi, namun intinya adalah untuk memastikan identitas yang menyewa rumah dan kesanggupan membayar dengan menunjukkan bank statement. Oleh karenanya, fotokopi identitas diri juga penting untuk dipersiapkan. Dalam hal bank statement ini, anda juga tidak perlu khawatir, jika nantinya bank statement anda hanya menyebutkan dollar yang tidak banyak. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, dikarenakan dana kedatangan beasiswa yang belum tiba, maka saya menggunakan surat ampuh, LoG (Letter of Guarantee) atau LoS (Letter of Sponsorship) yang menyebutkan jumlah uang yang akan saya dapat setiap bulannya. Hal ini akan lebih meyakinkan jika anda langsung berkomunikasi dengan agennya dan menjelaskan situasi keuangan anda. Mahasiswa internasional penerima beasiswa cukup dipertimbangkan untuk menyewa unit, karena pasti sudah ada anggaran yang disiapkan guna kelancaran studi di negara lain.

Jika aplikasi anda lolos, maka anda akan diminta untuk mentransfer dana deposit (2 minggu uang sewa) dan bond (4 minggu uang sewa). Bond ini akan dikembalikan jika nantinya tidak ada kerusakan pada unit. Ini juga berlaku untuk proses sewa langsung dengan landlord.

Setelah semua keuangan selesai, anda akan diminta datang langsung ke kantor agen untuk tanda tangan kontrak dan serah terima kunci. Saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu kontrak sebelum ditandatangani. Jika ada poin yang tidak dimengerti, bisa langsung ditanyakan ke agen. Untuk koneksi listrik dan gas, beberapa agen langsung memfasilitasi koneksi ini. Jika tidak, maka anda bisa melakukan koneksi melalui telepon. Data yang diminta adalah nama, nomor passport, email dan alamat rumah. Koneksi biasanya akan tersambung dalam 2 hari kerja.

Jika semua sudah selesai, maka anda sudah siap untuk menempati unit yang anda idamkan. Perlu diingat, aka ada regular inspection dari agen dan/atau landlord tiap tiga bulan sekali. Gunanya adalah untuk mengecek unit. Untuk ini, penyewa akan diberitahu jadwal inspeksi.

Kiranya artikel ini bisa membantu teman teman sekalian untuk mencari akomodasi. Selamat hunting!

Monalisa Pasaribu
Awardee LPDP PK-42
Faculty of Social Sciences – School of Education
University of Wollongong

Has one comment to “Tips Mencari Akomodasi Pribadi di Australia”

You can leave a reply or Trackback this post.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.