Phd Student Enrollment

Sekedar sharing pengalaman saya pribadi sebagai mahasiswa baru program S3 (lebih tepatnya PhD Integrated yang memiliki kewajiban mengikuti kuliah selama setahun sebelum melakukan full research) spring session 2016, mudah2an info berikut bermanfaat bagi rekan2 yang akan mendaftar program S3 di University of Wollongong atau boleh jadi proses ini sama untuk universitas lainnya di australia

Bagi mahasiswa baru program S3, pertamakali yang harus dilakukan setibanya di kampus adalah

  1. Melakukan pendafaran langsung di graduate Research School yang berlokasi di Communication building lantai 2. Cukup memberitahukan student number yang tertera di CoE ataupun LoA. Kemudian officer akan memberikan selembar kertas yang berisikan perjanjian selaku mahasiswa, dibaca terlebih dahulu baik-baik baru kemudian ditandatangani. Khusus untuk PhD integrated student, officer akan menghubungi supervisor kita nama-nama matakuliah  apa saja yang perlu diambil. Kebetulan saya belum mendiskusikan hal tersebut kepada supervisor, jadi untuk sementara saya hanya didaftarkan satu mata kuliah yaitu PROJECT.. Di tempat ini kita akan diberikan student account dan email address (someone@uowmail.edu.au), yang digunakan untuk mengakses atau log in seluruh komputer yang ada di kampus, termasuk juga mengakses jaringan WIFI di kampus. Tapi perlu diketahui account ini bisa diaktifkan satu jam setelahnya.
  2. Tahap selanjutnya adalah datang ke student center untuk melakukan pembuatan student card, Resmilah status anda sebagai mahasiswa.. Selain mencetak student card, student center juga melayani / menginformasikan akomodasi on campus, dan asuransi OSHC (provider yang di gunakan UoW adalah BUPA).
  3. Ada baiknya langsung saja di hari itu melaporkan kedatangan kita di counter BUPA (counter ini buka pada jam 11.30am-3pm on weekdays). Nanti mereka akan mengirimkan verifikasi via email bahwa kita telah membayar asuransi dan kita diberikan policy number. Tunggu sekitar 13 hari kerja, dan mereka akan mengirimkan kartu asuransi ke universitas, artinya kita harus datang kembali ke student center untuk mengambil kartu tersebut.
  4. Temui supervisor sesegera mungkin tanpa harus menunggu orientation day, ya tentunya dengan terlebih dahulu buat membuat janji bertemu dengan beliau, kapan dan dimana..
  5. Bagi PhD integrated, lakukan diskusi dengan supervisor terkait mata kuliah apa saya yang perlu diambil selama setahun kedepan. Perlu diingat bahwa PhD Integrated student tidak diperkenankan melakukan pendaftaran sendiri mata kuliah yang hendak di ambil tanpa ada persetujuan dari supervisor. Jadi proses yang berlangsung untuk mendaftarkan mata kuliah yaitu, datang kembali ke graduate research school atau bisa juga ke student center, nanti mereka akan memberikan alamat email Student management Office (tingkat facultas) agar kita menyampaikan maksud kita, kemudian mereka akan kontak ke supervisor. Setelah supervisor meng-approved, maka mata kuliah yang kita ajukan sudat terekam di enrollment record.

Sekian yang bisa saya sampaikan mudah2an bermanfaat terutama kepada rekan2 yang hendak mendaftar PhD di spring session ini maupuan di session berikutnya.

 

Diny Zulkarnaen, PhD student in Mathematics, University of Wollongong

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.