Akomodasi Kampus UOW

Akomodasi kampus memiliki beberapa kelebihan, diantara selangkah dari kampus, all-bill (tidak perlu repot memikirikan tagihan listrik dan gas), tidak ada bond, pembayaran yang fleksibel, full-furnished (dan respon yang cepat kalau ada kerusakan), dan setiap tahun disediakan even jalan-jalan dari kampus buat keluarga. Sayangnya, akomodasi ini antrian pendaftarannya sangat panjang. Tahun 2017, untuk Graduate House ada sekitar 100 pendaftar, sementara penghuni yang lulus tidak sebanyak itu. Butuh normalnya sekitar 6 bulan sampai satu tahun sejak kita mengajukan permohonan online. Kali ini sesuai pengalaman saya dan teman-teman yang lain, saya berikan tipsnya disini: tips sukses apikasi akomodasi kampus. Tapi sebelumnya, kita akan melihat apa akomodasi kampus ini.

Pemilihan Lokasi dan Kebutuhan

Akomodasi kampus sendiri terdiri dari 10 lokasi dan banyak jenisnya, yaitu:

  1. International House
  2. Weerona College
  3. Campus East
  4. Keiraview
  5. Kooloobong Village
  6. Marketview
  7. Bangalay
  8. Graduate House
  9. Gundi
  10. The Manor

Perbedaannya apa dari ke sepuluh itu bisa di baca dengan teliti di Panduan Akomodasi Kampus 2017 ini. Flowchart di bawah ini setidaknya merangkum dan membantu kita memilih akomodasi kampus. Singkatnya, untuk yang membawa keluarga, biasanya Graduate House yang disarankan untuk dipilih. Graduate House lokasinya di Main Campus, sementara Campus East untuk yang kuliahnya berlokasi di Innovation Campus. Untuk yang tidak membawa keluarga atau couple (belum memiliki anak), pilihannya adalah Graduate House, Campus East, Koolobong, dan Bangalay (bangunan baru).

pemilihan-akomodasi-kampus

Biaya yang di keluarkan

Dengan pertimbangan tertentu, kadang akomodasi kampus lebih mahal dari akomodasi off-campus, tapi dikembalikan lagi ke kebutuhan masing-masing mahasiswa.Untuk update biaya sewa tahun 2017 per-week, single/couple sekitar AUD245-360 (Bangalay yang paling mahal karena baru selesai dibangung), dan family sekitar AUD350-390 (lihat tabel di bawah). Semuanya sudah termasuk biaya tagihan internet, listrik, air, gas, dan maintenance, tanpa bond dan pembayaran fleksible selama kontrak.

Untuk biaya lainnya yaitu biaya up-front selama setahun sebesar AUD500. Biaya ini digunakan untuk maintenance, asuransi, dan lainnya (seperti baju dan handuk yang nantinya kegunaannya dikembalikan ke kita). Kemudian biaya sewa parkir (opsional) sekitar AUD500.

biaya-akomodasi-kampus-uow

Cara Pendaftaran dan Tips

Untuk cara pendaftaran, langkahnya mudah yaitu tinggal mengisi form permohonan melalui aplikasi Starrez ini. Adapun tips untuk mengajukan akomodasi kampus ini yaitu:

  1. Daftar setidaknya 3-6 bulan sebelum kedatangan. Jadi, setelah pengumuman kelulusan beasiswa keluar, langsung daftar akomodasi kampus. Berbeda dengan akomodasi off-campus yang wajib inspeksi fisik tanpa diwakili, akomodasi kampus tidak ada inspeksi dan pengecekan poin administrasi seperti kemampuan bayar dan lainnya. Mereka hanya membutuhkan nomor siswa yang tertera di LOA kita dan membayar biaya pendaftaran sekitar AUD75 (2017). Keuntungannya adalah, saat tiba di Wollongong, kita sudah punya akomodasi yang pasti
  2. Persiapkan kartu kredit, atau pinjam kartu kredit untuk biaya pendaftaran
  3. Salah satu tips untuk menaikkan posisi antrian kita dari mahasiswa-mahasiswa yang sudah menempati akomodasi kampus adalah dengan selalu menghubungi mereka terus baik melalui email atau telepon langsung. Dengan cara ini, antrian kita dinaikkan prioritasnya. Alasan yang diberikan juga menentukan pertimbangan menaikkan prioritas, biasanya alasan karena punya bayi, selalu sukses menaikkan nomor antrian kita. Untuk tahun 2017, pengantri di Graduate House ada sekitar 100an orang, sementara penghuni yang lulus tiap tahun tidak sebanyak itu. Jadi, persiapkan alasan yang menyentuh hati mereka, dan terus mengontak via email atau telepon.

Kesimpulan

Akomodasi kampus pada intinya menjamin kepastian akomodasi kita sebelum tiba di Wollongong. Biasanya, akomodasi off-campus mengharuskan kita inspeksi fisik sebagai syarat sebelum menyewa property. Keadaan ini mengharuskan kita untuk datang dulu di Wollongong, sehingga awal kita datang “homeless” dan menumpang sementara di tempat mahasiswa lain.

Sementara untuk akomodasi kampus menawarkan beberapa kemudahan, seperti tanpa inspeksi, tanpa pengecekan kemampuan bayar, dan pembayaran yang fleksibel. Disisi lain, akomodasi ini terkadang relatif lebih mahal sekitar AUD10-20 per-minggu-nya dibanding akomodasi off-campus.

All in all, beberapa pertimbangan tadi, mungkin bisa menjadi gambaran dalam memilih akomodasi di Wollongong. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Riza Azmi
LPDP PK-33
Faculty of Engineering and Information Science
University of Wollongong

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.